Pemanfaatan Teknologi Laser untuk Kesehatan

Saat ini sudah banyak pemanfaatan teknologi laser untuk kesehatan yang bisa dijumpai. Manfaat teknologi laser sangat beragam. Cek selengkapnya di sini

Sudah ada banyak manfaat yang diberikan oleh penerapan teknologi laser untuk kesehatan. Sinar laser saat ini sudah banyak digunakan untuk mengobati terapi dari sejumlah penyakit mulai dari yang ringan seperti masalah kulit hingga kondisi penderita kanker. 

Terapi pengobatan modern ini dilakukan dengan sinar dari cahaya laser. Sinar tersebut kemudian dipakai untuk membakar, memotong, dan juga menghancurkan jaringan abnormal yang ada dalam tubuh. 

Sinar laser itu sendiri punya perbedaan tertentu dengan sinar laser lainnya. Sinar laser hanya berfokus pada titik tertentu serta bisa mengeluarkan cahaya dengan tingkat yang lebih tinggi. 

Manfaat Teknologi untuk Kesehatan

Manfaat dari laser untuk kesehatan bisa dikatakan cukup banyak. Misalnya saja sinar laser memungkinkan setiap dokter melakukan proses bedah dengan jauh lebih aman dibandingkan metode bedah biasa. 

Teknik pembedahan menggunakan laser akan berfokus terhadap area kecil yang ada dalam tubuh tanpa harus merusah sejumlah jaringan yang ada di sekitarnya. Tak hanya itu saja. 

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari sinar laser yakni bisa memperlancar sirkulasi darah. Dengan lancarnya sirkulasi darah, tubuh dari orang dengan kondisi tertentu bisa jauh lebih sehat. Jadi bisa dikatakan jika ada manfaat dari teknologi laser untuk darah. 

Jenis-Jenis Sinar Laser yang Dipakai di Dunia Kesehatan

Ada sejumlah tipe laser yang biasanya digunakan untuk pengobatan medis. Laser dengan jenis tertentu, bermanfaat untuk kondisi tertentu pula. Ini contohnya: 

1. Laser Argon

Sinar laser yang digunakan dengan mengkombinasikan cahaya kemoterapi guna membunuh lebih banyak sel kanker. Laser argon biasanya juga digunakan untuk proses pembedahan. 

2. Laser Karbon Dioksida

Sinar laser ini biasanya digunakan dalam pembuatan sayatan yang tidak terlalu dalam. Biasanya dipakai untuk pengangkatan kanker yang ada pada kulit. 

3. Low Level Laser Therapy

Biasanya disebut juga dengan terapi laser tingkat rendah dan terapi laser dingin. Teknik ini biasanya dipakai untuk operasi kecil dan peningkatan kemampuan regenerasi. 

Penutup

Tidak hanya pemanfaatan teknologi laser untuk kesehatan saja yang banyak digunakan. Bahkan sinar laser juga banyak didayagunakan untuk kecantikan kulit. Sudah ada banyak klinik kecantikan yang menggunakan teknologi laser untuk menjaga kecantikan kulit para pelanggannya. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasn di https://www.tutorial.co.id

Geografiku.com
Geografiku.com
Geografiku.com membantu memberikan penjelasan tentang pengetahuan dan referensi terbaik.
Link copied to clipboard.