Palung Laut Adalah ? Geografiku.com

Palung laut adalah-Ngomongin soal bentuk muka bumi, karakteristik yang paling sering diamati adalah Pegunungan, perbukitan, samudra, sungai, hingga lereng atau ngarai.

Dari sekian banyak bentuk muka bumi, karakteristik palung laut sangat jarang dibahas. Meski jarang mendapatkannya sorotan, namun karakteristik bentuk muka bumi satu ini sangat menakjubkan.

Untuk menambah wawasanmu tentang dunia. Berikut ini adalah pembahasan mengenai : "palung laut, adalah"

Palung laut adalah?

Palung laut adalah
Palung laut adalah? (©live-scaint.Com)

Palung laut adalah sebuah celah sempit di dasar laut yang memanjang dengan kedalaman mencapai 7300-11.000 km dibawah permukaan air laut. 

Celah sempit ini dapat juga diartikan sebagai Jurang di lautan. Karena secara bentuk dan penampakan sangat mirip dengan jurang-jurang di darat yang kita kenal. Perbedaannya hanya terletak pada tempat ia berada. (Palung istilah yang merujuk pada jurang di lautan).

Palung laut juga menjadi titik alam terdalam di bumi sekaligus menjadi salah satu tempat paling jarang dijamah oleh manusia. 

Karena letaknya yang berada di lautan dan berada berkilo-kilo meter dibawah permukaan laut, maka tempat satu ini sangat berbahaya untuk dikunjungi. 

Hal yang membuat palung laut sangat berbahaya bukan karena hewan liar yang ganas (Hiu, Paus atau Megalodon), melaikan Tekanan dan arus laut dalam yang sangat luar biasa kuat.

Jika kita merujuk data diawal (palung laut berada di kedalaman 7300-11.000 km) maka jika kamu berteleportasi dan secara tiba-tiba berada di titik terendah (11.000km dibawah permukaan air laut) maka kamu tidak akan pernah bisa merasakan apa-apa (You are Die :"( ). Karna di kedalaman tersebut tekanan yang ditimbulkan oleh gaya gravitasi dan dorongan air dapat mencapai 1000x lebih besar dari pada tekanan di permukaan bumi (di permukaan air laut). 

Untuk mempermudah pemahamanmu tentang seberapa besar tekananan tersebut, kamu dapat membayangkan ada benda dengan berat 8 ton yang menekan dari segala sisi secara terus menerus. 

Karena berada sangat dalam di bawah permukaan air laut, cahaya matahari sama sekali tidak dapat menembus masuk ke dalam palung laut. Hal tersebut berimbas pada suhu air yang nyaris mencapai titik beku, dan tidak terjadinya fotosintesis oleh Plankton.

Meski palung laut terkesan sangat berbahaya dan sangat tidak layak menjadi tempat habitat makhluk hidup, namun nyatanya ada makhluk hidup yang mampu bertahan. Makhluk apa saja itu?. Yuk baca sampai akhir untuk mengetahui makhluk penghuni palung laut ").

Bagaimana palung laut terbentuk?

Palung laut adalah
Palung laut terbentuk dari tumbukan dua atau lebih lempeng tektonik.  (©Sciene stuck.com)

Bumi yang kita tempati saat ini tersusun dari banyak sekali lempengan-lempengan raksasa yang disebut lempeng tektonik. Dan, setiap lempeng tektonik tersebut saling bergerak dan tak jarang saling bertabrakan. 

Apabila ada dua atau lebih lempeng tektonik yang mengalami tabrakan, maka akan timbul getaran yang disebut gempa bumi. 

Efek lain yang ditimbulkan dari tumbukan lempeng tektonik bukan hanya getaran gempa!, tumbukan dua atau lebih lempeng tektonik juga akan menimbulkan semacam posisi tumpang tindih antara lempeng yang bertumbukan.

Tempat tumbukan dua lempeng tektonik disebut zona subduksi

Lempeng tua yang keras dan kuat biasanya akan menghujam ke bawah dan akan mendorong lempeng lain yang lebih lunak keatas. Hal tersebut mengakibatkan adanya semacam celah sempit berbentuk mirip huruf "V" tepat diantara garis tumpang tindih kedua lempeng.

Meskipun sudah saling bertumbukan hingga saling tumpang tindih, namun  pergerakan kedua lempeng tektonik tersebut masih terjadi, dan hal tersebut berimbas pada perubahan bentuk palung laut. (Kalau lempeng yang saling tumpang tindih terus bergerak dan mengalami getaran gempa secara tiba-tiba, dimungkinkan terjadinya longsoran atau letusan gunung api bawah laut). 

Contoh Palung laut

Contoh palung laut
Ilustrasi palung laut ©American ocean.com)
Berikut ini adalah beberapa contoh palung laut paling familiar sekaligus terkenal karena kedalamannya. 

1. Palung Mariana

Saat ngomongin soal "palung laut". Hal yang kemungkinan pertama kali melintas di benakmu adalah palung mariana. 

Palung ini memang sangat terkenal dan sering dibahas diberbagai media baik dalam maupun luar negeri. Hal yang paling sering diperbincangkan dari palung satu ini adalah "kedalaman dan ekosistem didalamnya". 

Dengan kedalaman hampir 11.000 km dibawah permukaan air laut, palung ini berhasil menyabet gelar palung terdalam sekaligus tempat alam terdekat dengan inti bumi.

Palung Mariana membentang sejauh 2550 km dengan lebar 69km.

Palung raksasa ini terletak teritorial Amerika Serikat, tepatnya di dekat pulau Guam. 

2. Palung Tonga

Palung ini terletak di samudra pasifik, dekat Selandia baru. Palung ini sering dianggap sebagai "kembaran palung Mariana" karena kedalaman yang dimilikinya.

Titik terdalam palung ini berada pada kedalaman 10,882km dibawah permukaan air laut, dan dikenal sebagai Horizon deep.

3. Palung Mindanao

Palung ini berada di asia tenggara, tepatnya di timur negara Filipina. Palung ini membentang sejauh 1.320km dengan titik terdalam berada di kedalaman 10.540m dibawah permukaan air laut.

Palung Mindanao terbentuk dari tumbukan lempeng Eurasia dengan lempeng Mindanao (Filipina) yang lebih kecil. 

Hasil dari tumbukan kedua lempeng tersebut tidak hanya menghasilkan palung Mindanao saja, ada beberapa palung lain yang berada di lautan timur Filipina seperti palung Luzon Timur, Palung Negros, Palung Sulu dan Palung Cotabato.

4. Palung Jepang

Seperti namanya, palung ini berada dekat dengan perairan negara Matahari terbit, Jepang. 

Palung ini terbentuk di area subduksi lempeng Samudra pasifik yang menghujam ke bawah lempeng Okhotsk kontinental.

Hasil dari tumbukan kedua lempeng tersebut adalah terciptanya palung raksasa dengan kedalaman lebih dari 9.000m.

5. Palung Puerto Rico

Palung ini sedikit berbeda jika dibandingkan palung-palung diatas. Jika sebagian besar palung diatas berada di Samudra pasifik, maka palung ini berada di samudra atlantik. 

Palung Puerto Rico menjadi titik terdalam di samudra atlantik dengan titik terendah berada di kedalaman 8.640m dibawah permukaan air laut.

Ekosistem di dalam palung laut

Ekonomi palung laut
Ekonomi palung laut (©phsy.org)
Karena lingkungan dan tekanan di dalam palung tidak begitu bersahabat dengan kebanyakan makhluk hidup, maka tak banyak kehidupan yang mampu bertahan dari keganasan palung laut. 

Dengan tekanan sebesar 1100 x lebih besar dari pada permukaan bumi, makhluk hidup bertulang akan mampu bertahan karna tulang serta organ dalam terutama paru-paru akan dekompresi dan remuk oleh tekanan dari air laut. 

Hilangnya sinar matahari juga tidak memungkinkan terjadinya proses fotosintesis oleh plankton maupun terumbu karang. 

Sebagian besar makhluk hidup yang mampu bertahan dibawah tekanan dan lingkungan ekstrim palung laut biasanya tidak memiliki tulang dan tidak membutuhkan adanya fotosintesis.

Makhluk laut yang didalam palung laut juga telah beradaptasi dengan lingkungan ekstrim tempat mereka tinggali. Mulai dari bentuk dan struktur tubuh hingga cara mereka mencari makan berbeda dengan kebanyakan makhluk-makhluk lain dibumi. 

Berikut ini adalah beberapa makhluk laut dalam penghuni palung laut. 

Anglerfish

Ketiadaan sinar matahari di dalam palung laut tidak lantas memusnahkan rantai makanan di dalam lingkungan tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari ikan satu ini. 

Anglerfish, ia merupakan ikan yang mampu melakukan bioluminescence (menciptakan cahaya sendiri) di dalam palung laut.

Cahaya yang dipancarkan oleh ikan satu ini akan memancing ikan-ikan lain yang lebih kecil untuk mendekat. Disaat ikan lain mendekat, ikan Anglerfish akan langsung memangsa ikan yang mendekat tersebut.

Cacing tabung raksasa

Hewan ini biasanya hidup di dasar palung laut, hewan ini memanfaatkan proses kemosintesis untuk bertahan hidup. 

Kemosintesis sendiri merupakan sebuah proses peluruhan dan perubahan unsur kimia menjadi unsur organik oleh bakteri. 

Di dalam palung laut terdapat beberapa senyawa kimia yang digunakan untuk kemosintesis mulai dari metana hingga karbon dioksida. Senyawa kimia tersebut bersumber dari rembesan senyawa dari dasar lautan.

Cacing Zombie

Hewan ini berbentuk layaknya cacing biasa, namun dengan kekuatan khusus yang lebih oper power daripada cacing yang sering kita lihat. 

Cacing Zombie memiliki kekuatan khusus untuk bisa menggali dan masuk kedalam tulang-belulang hewan lain yang telah mati. 

Hewan ini masuk ke dalam tulang dan akan memakan sedikit demi sedikit dari dalam ke luar. 


Makhluk hidup di atas hidup dengan caranya sendiri dan berbeda dengan kebanyakan makhluk lain yang kita kenali. 


Itulah sedikit informasi tentang "palung laut adalah". Apabila ada kekurangan atau kesalahan informasi mohon disampaikan di kolom komentar.


Geografiku.com
Geografiku.com
Geografiku.com membantu memberikan penjelasan tentang pengetahuan dan referensi terbaik.
Link copied to clipboard.